Inilah Penyebab Ketombe Pada Rambut

Ketombe bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Ketombe adalah penyakit tidak menular yang terdapat pada kulit kepala sebagai akibat dari banyaknya produksi kelenjar minyak. Kelebihan tersebut ditandai dengan pengelupasan kulit kepala. Pada kasus pengelupasan kulit kepala yang sudah parah, bisa menimbulkan kemerahan, gatal-gatal, hingga bersisik. Ketombe juga dikenal dengan sebutan seborrhea. Jika Pityrosporum ovale (ragi pada kulit normal) tinggal di daerah yang berminyak, maka potensi akan timbulnya ketombe akan lebih besar. Ketombe juga dapat semakin parah jika seseorang mengalami stress, jarang keramas, dan tinggal di daerah dingin.

Meskipun semua orang bisa berketombe, pria memiliki potensi ketombe yang lebih banyak daripada wanita. Hal itu biasa dialami setelah para pria mengalami pubertas. Ketombe berada di puncaknya ketika seorang pria berumum 40 tahun dan dapat meningkat setelah itu. Ketombe yang sangat parah terlihat pada orang yang berpenyakit parkinson, dan yang memiliki masalah pada sistem saraf pusat.

Secara umum penyebab ketombe dapat dijabarkan sebagai berikut :
  1. Pola makan yang tidak seimbang. Hal ini bisa membuat kulit kepala kering dan sirkulasi darah menjadi tak lancar.
  2. Kurang pandai merawat kebersihan tubuh. Terutama pada rambut, jika kebersihan tidak diperhatikan dengan baik, maka akan terjadi ketidakseimbangan hormonal yang dapat memicu timbulnya ketombe.
  3. Menggunakan produk rambut secara berlebihan. 
Baca Juga : Inilah Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Meskipun rambut anda tidak berketombe, jangan pernah sekali-kali berbagi sisir rambut anda ke orang lain, karena bisa jadi orang yang anda pinjami sisir tersebut memiliki ketombe. Ketombe merupakan infeksi jamur superfisial, dimana jamur jenis ini tumbuh hanya pada permukaan kulit terluar, seperti rambut dan kuku. Jamur ini merupakan jamur yang paling merusak di antara semua jamur, karena mereka gagal menembus tubuh penderita dan hanya menyerang sel-sel di permukaan.

Meskipun kelihatannya mengerikan, namun ketombe bukanlah penyakit menular. Meskipun anda duduk bersebelahan dengan orang yeng berketombe, ketombe dari orang tersebut tidak akan menular ke rambut anda.
Powered by Blogger.